Ticker

6/recent/ticker-posts

Turunkan Angka Pengangguran, Najjar Lubis Buka Usaha Berlegalitas Resmi


Najjar Lubis (Owner Fridon Siap Maju)


Pasaman Barat, Sannarinews.com - Wirausaha tidak hanya meningkatkan kesejahteraan hidup bagi pegawai serta keluarganya. Namun, juga dapat memberi pengaruh positif terhadap masyarakat, lingkungan, dan bangsa.


Seorang wirausaha harus mampu mengelola dan mengembangkan kegiatan usaha, punya kreativitas, serta memiliki keterampilan untuk menghasilkan atau menambah nilai barang atau jasa yang dihasilkannya.


Wirausaha juga merupakan salah satu pelaku utama untuk membangun perekonomian sebuah bangsa ke arah yang lebih baik.


Hal seperti inilah yang ditekadkan oleh seorang wirausaha asal Aek Nabirong, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Najjar Lubis, dalam dirinya dan kehidupannya sehari-hari.


Dimana, Najjar Lubis, sudah puluhan tahun memiliki rencana dalam pengembangan usaha diwilayahnya. Agar, masyarakat khususnya diwilayahnya dan umumnya Kabupaten Pasaman Barat bisa Berpendapatan lebih.


Dengan rahmat tuhan yang maha kuasa, akhirnya Najjar Lubis berhasil meraih impiannya dengan mendirikan beberala unit usaha di wilayah tempat tinggalnya. Sehingga, ribuan masyarakat bisa bekerja sama dengannya, baik sebagai tenaga kerja, rekan bisnis maupun usaha UMKM di wilayah tersebut.


"Alhamdulillah, apa yang kita rencanakan sejak puluhan tahun yang lalu akhirnya tercapai. Seperti membuka Galian C, pendirian Stone Crusher (pemecah batu), Pengolahan Kayu, perkebunan serta budi daya ikan kolam serta membuat sarana dan prasarana lainnya seperti pariwisata dan arena olah raga," ungkap Najjar Lubis saat diwawancarai Sannarinews.com, Senin (4/3/2024).


Sebagai bahan pertimbangan kata Najjar Lubis, semua usaha yang sudah berdiri itu insyaallah sudah memiliki legalitas dari pemerintah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi dan nasional. "Tentunya, setiap berusaha itu apalagi sifatnya industri tentu harus memiliki legalitas," tutur Najjar.


Seperti usaha Galian C kata Najjar Lubis, tentu memiliki legalitas yang jelas dari pemerintah dan sudah mengantongi izin, begitu juga dengan pengolahan kayu dan juga stone crusher. "Andai tidak punya izin, mana berani kita produksi," tegasnya.


Selaku owner di Feridon Siap Maju ini kata Najjar Lubis, tentu sebelum melangkah harus kita lengkapi dulu semuanya dan alhamdulillah sudah lengkap makanya kita berani beroperasi seperti sekarang ini. Begitu juga dengan tenaga kerja, kita upayakan masyarakat lokal untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada sekarang ini.


"Dengan beroperasi semua usaha ini, alhamdulillah sudah ratusan hingga ribuan masyarakat yang bisa kita tolong, seperti menjadi tenaga kerja, rekan bisnis serta masyarakat dalam pemanfaatan fasilitas yang ada seperti akses jalan yang kita buat bisa dilalui masyarakat baik untuk ke kebun maupun ke usaha lainnya," lebih jelasnya.


Selain itu, dengan terbukanya lapangan pekerjaan di wilayah Feridon Siap Maju ini, tingkat pengangguran menurun drastis dari sebelumnya. Karena, selain menjadi tenaga kerja dan rekan bisnis, masyarakat juga bisa memanfaatkan situasi seperti menjadi pedagang dan lainnya. "Pedagang kita fasilitasi, khususnya diwilayah obyek wisata Feridon Siap Maju," paparnya juga.


Dengan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, tingkat pengangguran di wilayah ini jauh berkurang. Tidak hanya itu, ketersediaan lapangan pekerjaan juga membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.


Selain itu, dengan adanya wirausaha dapat memberi motivasi kepada masyarakat untuk berani berwirausaha atau membuka kegiatan usahanya sendiri. Apabila hal ini terjadi, maka akan semakin banyak wirausaha dan lapangan pekerjaan yang tersedia. ***Bisri Batubara