Ticker

6/recent/ticker-posts

11 Orang Korban Gigitan Anjing Liar Di Nagari Pematang Panjang Selesai Di Vaksin Anti Rabies Di Puskesmas Parit


Pasaman Barat, Sannarinews.com - Sebanyak 11 warga yang menjadi korban gigitan anjing liar di Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah mendapatkan Vaksinasi Anti Rabies (VAR). Pemberian Vaksinasi Anti Rabies itu dilakukan untuk menurunkan risiko penularan rabies.


Kepala Puskesmas Parit, Risnawati, saat dikonfirmasi Sannarinews.com, Minggu (3/3/2024) mengatakan, saat ini kondisi warga yang menjadi korban gigitan anjing liar telah selesai mendapatkan perawatan di Puskesmas Parit. Warga yang mendapatkan gigitan tersebut telah diberikan vaksinasi rabies.


"Alhamdulilah semua korban kondisinya aman. Tidak ada yang berbahaya, mereka telah divaksin rabies sesuai dengan SOP setelah terjadi gigitan anjing liar," kata yang akrab dipanggil buk Ris itu.

Dijelaskan buk Ris, Vaksin ini yang pertama, yang kedua dilakukan setelah seminggu dari sekarang dan ketiga terhitung 21 hari pula dari sekarang. Ini, harus dilakukan demi menjaga kesehatan.

"Minggu depan kita lakukan lagi Vaksin kedua untuk para korban. Agar, virus tidak bisa tumbuh pada tubuh korban, andai anjing yang menggigit itu terkena rabies," jelasnya.

Sekarang kata buk Ris, pasien sudah ada yang pulang. Karena, semua luka bekas gigitan sudah dibersihkan dan sudah dikasih obat. "Kami mendo'akan agar semua baik-baik saja," paparnya. ***Bis