Asmui Thoha Menilai Perlunya Terobosan dalam Mengelola Potensi SDA Pasbar

 

  Asmui Thoa, SIP (kedua dari kanan, pakai peci hitam) temu ramah dengan berbagai pihak perkokoh silaturrahmi


Pasaman Barat, sannarinews.com-----Tokoh masyarakat  Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Asmui  Thoha, SIP menilai, Pasbar punya  potensi alam yang sangat mendukung untuk kemajuan daerah. Mulai dari potensi daratan, lautan, perairan dan pegunungan. Tinggal bagimana membuat program inovatif dan terobosan dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) itu untuk kesejahteraan masyarakat.


"Keberadaan SDA kita sudah sangat potensial. Tapi harus kita kelola dengan perencanaan yang matang untuk mendatangkan manfaat bagi peningkatan ekonomi rakyat. Perlu inovasi dan upaya mengemukakan potensi ini untuk menarik anggaran dari pusat dan investasi pro rakyat, "kata Asmui dalam temu silaturrahmi di Kantin Komplek Dinas Perikanan Pasbar, Kamis (11/11/2021) menjawab pertanyaan PRO PERS MEDIA GROUP.
  


Asmui yang juga dikenal sebagai ustadz dan muballig ini menyampaikan berbagai pandangannya untuk kemajuan Pasbar ke depan. Yang sangat penting lanjutnya, adanya harmonisasi hubungan dan link yang baik dengan pemerintah pusat. “Saya siap untuk memberikan masukan pada pemerintah daerah dalam pembangunan Pasbar. Dan alhamdulilah saya punya link untuk komunikasi dengan berbagai sahabat di tingkat pusat, “ ungkap Asmui.


Dalam acara jumpa silaturrahmi tersebut, dihadiri para sahabat yang yang tergabung dalam Group WhatsApp  Sahabat Asmui Pro Pasbar. Bertajuk “Perkuat Silaturrahmi Untuk Membangun Pasbar” ini dilaksanakan di salah satu Kantin Komplek Dinas Perikanan Pasaman Barat, yang dikelola pihak keluarga Asmui Thoha.


Banyak pihak yang hadir. Mulai dari unsur pemuda, tokoh masyarakat, para pejabat, tokoh partai dan sahabat lainnya. Baik yang berdomisili di Pasaman Barat maupun luar daerah.


 Asmui Thoha, SIP

Terlihat, mulai pagi jelang siang, sejumlah orang berdatangan sampai sore bahkan hingga malam hari. Sambil mencicipi minuman dan snack yang disediakan. Sekaligus menjalin komunikasi, saling memperkenalkan diri. Bahkan berdialog, bertukar ide dan gagasan serta berbagi informasi.


Intinya, Asmui Thoha sebagai admin group Sahabat Asmui Pro Pasbar ini ingin adanya jalinan silaturrahmi dalam bentuk nyata. Tidak saja dalam dunia media sosial, tapi perlu saling kenal dan bisa beramah tamah. Namun, tanpa ada unsur politik yang mengarah pada suatu partai.


 Asmui Thoa, SIP jumpa silaturrahmi dengan berbagai pihak jalin persahabatan
 

“Ini murni hanya silaturrahmi biasa. Kan kita yang namanya satu sahabat atau satu kelompok atau sesama warga Pasbar, tentu perlu saling kenal dan dapat bersilaturrahmi dalam jumpa langsung. Tujuannya tak  lain untuk meningkatkan tali persaudaraan. Sebab, kalau kita kompak dan bersatu maka bisa kita saling dapat membantu satu sama lain. Setidaknya pikiran dan ide dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi, “ kata Asmui Thoha, yang saat ini berdomisili di Mahakarya  Luhak Nanduo.


Asmui Thoha yang berasal dari Ranah Batahan ini, lama di Rantau mulai dari Banyumas dan Sumatera Utara. Dari kecil ia ikut orangtua yang bertugas di Medan Sumatera Utara. 


Ketika Pilkada 2010 lalu, ia termasuk salah seorang Tim H. Baharuddin R. Ketika itu, Asmui dapat menyatukan semua partai yang non parlemen bersatu mendukung Baharuddin R. 


 Asmui Thoa, SIP jumpa silaturrahmi dengan berbagai pihak jalin persahabatan

Asmui juga adalah orang pertama yang menjabat sebagai Ketua DPC. Gerindra Pasaman Barat. Sebelum kemudian diteruskan oleh Alm. H. Syahiran.


Ia juga termasuk aktifis NU dan pernah menjadi Ketua GP Anshor Pasbar. Serta masih banyak lagi organisasi lainnya. 


Kini Asmui dipercaya sebagai Ketua DPD PKPI Pasbar dan menjadi kandidat untuk koordinator Sumbar. Juga saat ini Asmui menjadi Ketua Barikade 98 Pasaman Barat, yang merupakan ormas pengawal demokrasi.


Walau Asmui dipercaya memimpin Partai, namun ia menegaskan pertemuan silaturrahmi tidak ada hubungannya dengan partai. “Kita jumpa silaturrahmi ini justru banyak latar belakang dan ada juga pimpinan partai lain. Tapi bagaimana kita bisa bersatu itu yang diharapkan sehingga hendaknya kita bisa berkonstribusi dalam membangun Pasbar ke depan, “ ujar Asmui. ****parsl/irz 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama