Putra Ninik Mamak Sabajulu, Ahmad Tigor, Resepsi Pernikahan di Sabajulu Awal Juli 2021

 

  

 Ahmad Tigor- Fitri Wina, didampingi ayah dan ibu mempelai pria

Pasaman Barat, sannarinews.com---- Putra bungsu dari Mislan Lubis Sutan Parlagutan, Ninik Mamak Sawah Mudik (Sabajulu) Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Ahmad Tigor Lubis, jika tidak ada aral melintang, insya Allah  akan kembali gelar resepsi pernikahan atau pesta (marolek) di kampung halaman Sabajulu, 4 Juli 2021


Sebelumnya, telah terlaksana akad nikah dan resepsi pesta pernikahan (baralek) di kampung halaman mempelai wanita, Fitri Wina di Lubuk Gadang Nagari Parik Kecamatan Koto Balingka.


 Ahmad Tigor Lubis - Fitri Wina


Jika di Lubuk Gadang dengan khas adat melayu setempat. Namun di Sabajulu yang kental dengan khasanah adat nya diselenggarakan dengan rangkaian adat manadahiling. Dengan membuka gelanggang halaman nabolak untuk penampilan tradisi adat perkawinhan di kawasan utara Ranah Batahan tersebut


 Ahmad Tigor Lubis - Fitri Wina


Selain hiburan kesenian nusantara, biasanya juga ada tampilan kesenian adat berupa tortor, pencak silat dan oang-onang. Dilengkapi juga khatam Qur'an, manggorar,  harajaan dan lain sebagainya.


 Mohon restu ibunda


"Sesuai dengan hasil musyawarah ketika maroket kahanggi dan markobar adat, direncanakan acara resepsi pernikahan atau marolek di huta Sabajulu on pada tanggal 4 Juli mendatang. Ini dengan pertimbangan menyesuaikan waktu libur bagi keluarga kita  dan koum sasudena yang dirantau, semoga dapat hadir sesuai jadwalnya " kata M. Riad Zamin, pihak sipangkalan, saudara dari Ahmad Tigor. 


Sebelumnya, resepsi pernikahan Ahmad Tigor Lubis-Fitri Wina,  di rumah pengantin perempuan di Lubuk Gadang dilaksanakan Sabtu (12/06/2021).


 Mohon restu ayahanda 

 

Ahmad Tigor, putra bungsu Ninik Mamak Sabajulu, Mislan Lubis St. Parlagutan ini menikah di usia menjelang 27 tahun, kelahiran Sawah Mudik, 01 Agustus 1994. Sedangkan Fitri Wina, kelahiran Lubuk Gadang, 5 Juni 1995.


 Akad nikah 


Resepsi pernikahan, Sabtu itu terselenggara dengan rangkaian khas adat di Lubuk Gadang. Siang itu sekitar pukul 14.00 WIB, pengantin pria, yang merupakan anak ke 9 dari 10 bersaudara, diantar langsung oleh kedua orangtua, Mislan Lubis dan Yusmi Warni serta pihak keluarga lainnya dan rombongan dari Sabajulu.



Dari pihak keluarga mempelai laki-laki juga tampak hadir, Irti Zamin, SS. ( saudara tertua Tigor), Pemred media online prodeteksi.com (Pro Pers Group) bersama istri, Megawati dan kelima anak (Tria, Rasihan, Zhufa, Keysha, Rayshif), yang berdomisili di Parit yang juga pendiri Zamiga Islamic Boarding School.



Juga hadir saudara kandung Ahmad Tigor Lainnya, seperti M. Riad Zamin, wiraswasta, praktisi manajemen perhotelan di Padang, beserta istri Yenny Elfira, S.Kep, M.Kep dan ketiga anak ( Khaliza, Ramos, Ganiya). Kemudian, Miska Hartini – Juli  beserta keluarga, dan Putri Diana sekeluarga.




Selain itu juga hadir, saudarin ibu dari Tigor, Rosmawarni, etek Neri, Dar, kakak ipar (sanak ibu) Girang Nihati beserta suami, M. Hasbi Pulungan, S.Pdi. Juga Lusiana Susanto, saudara, Rasidi, Natsir dan lainya yang tak tersebutkan satu persatu.



Dari 10 bersaudara kadndung, ada yang belum sempat hadir karena aktivitas di rantau yang masih padat, seperti Miska Hayati, Murmasada, Murmatama di Duri Riau dan Kartika Wartahati di Pekan Baru serta Putir Anggina di Padang. Namun mereka akan hadir dalam pesta pernikahan Tigor di Sabajulu awal Juli 2021 yang direcanakan hari Minggu tanggal 4 Juli.


Sebelumnya akad nikah Tigor-Wina, dilaksanakan Jumat (11/06/2021) di Lubuk Gadang, dengan menghadirkan KUA Koto Balingka, Syahril, SHI, disaksikan kedua orangtua Tigor dan Ibunda Wina serta wali nikah, Marliswan. Akta Nikah pasangan ini tercantum dalam kutipan Buku Nikah Nomor 085, 11, VI, 2021



Akad nikah dimulai saat calon suami berjabat tangan dengan  wali nikah, Marliswan, dari pihak keluarga pengantin wanita  karena orangtuanya telah meninggal yakni Alm Mardansyah. Saat berjabatan tangan,  wali nikah mengucapkan akad nikah  dalam bahasa Indonesia supaya kedua mempelai memahami kalimat yang sedang dibacakan.




Makna pernikahan memang hal yang penting. Sebab, pernikahan pada hakekatnya adalah fitrah manusia. Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS Adz-Dzariyaat: 49).


 Tria Fitri Utami turut berpartisipasi lantunkan lagu pilihannya 

Dengan pernikahan dapat  mempersatukan antara laki-laki dan perempuan dalam menjalin ikatan suci yang halal di hadapan Allah SWT. Pernikahan juga merupakan sarana berkasih sayang yang diridhai.



Layaknya harapan pasangan suami istri,  pihak keluarga dan berbagai pihak termasuk keluarga besar perantau Pers Lubis mengucapkan selamat menempuh hidup baru atas pernikahan Ahmad Tigor- Fitri Wina. Semoga menjadi keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warohmah (SaMaWa). ****red




















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama