Ticker

6/recent/ticker-posts

Ada Keluhan Layanan PDAM Pasbar, Lapor ke 08116655414, TRC Segera Turun

Perbaikan Sumber Air dan Jaringan PDAM Pasbar


Pasaman Barat, sannarinews.com----Menuju pelayanan prima dan kepuasan konsumen,  salah satu langkah awal dan terobosan Direktur PDAM yang baru, Helju Sepli Tuhari adalah membuka layanan pegaduan atas keluhan dan masalah PDAM yang dialami pelanggan (Konsumen)

 

“Keluhan anda dapat disampaikan dari rumah dengan menghubungi Call Center 08116655414. Tidak terlalu sulit menghafal nomor ini, ingat saja tiga angka terakhir 414 (baca : AIA) dalam bahasa daerah minangkabau, “sebut Helju, yang sebelumnya dikenal sebagai aktivis pemuda Pasbar.

 



Menurut Helju,  perlu adanya informasi cepat  dari pelanggan  agar bisa melaporkan masalahnya atau keluhaannya pada PDAM.


“ Kita telah siapkan telephon khusus untuk penyampaian keluhan pelanggan dan di kantor ini ada piket tiap hari yang akan menerima laporan dan akan diproses dengan cepat tindak lanjutnya melalui Tim Reaksi Cepat (TRC), “ kata Helju, putra asal Ranah Batahan ini di kantornya Selasa (17/11/2020) kepada sannarinews.com.

Untuk pengaduan tersebut jelasnya berlaku bagi semua konsumen se Pasbar. Bahkan bisa melalui media sosial dan akan dipantau bagaimana tindak lanjutnya. Dan jika perlu mengerahkan petugas yang ada di berbagai kecamatan.

 

Memastikan aliran PDAM tetap mengalir

Sebagai Direktur PDAM yang baru atau Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Gemilang Pasbar, Helju Sepli Tuhari yang berpengalaman memenej usaha perkoperasian ini,  sejak dilantik  tanggal 23 September 2020,  dengan cepat ia melakukan langkah-langkah pembenahan untuk optimalisasi pelayanan air bersih, menuju terwujudnya pelayanan prima pada konsumen.

   

“ Kita punya program strategis 100 hari kerja untuk melakukan perobahan cepat dalam mewujudkan  pelayanan prima, " katanya.

Selain pelayanan Call Center, masih ada dua program lagi yang dilakukan saat ini. Yakni, memastikan pelanggan harus tetap meperoleh air.

Perbaikan Pipa Bocor


Maka dilakukan normalisasi seluruh sumber air dan saluran PDAM yang ada di Kabupaten Pasbar.   Hal ini sesuai hasil survery Direktur PDAM bersama tim ke lapangan yang telah dilakukan ke semua sumber air yang ada.

 

“Sebenarnya dari sumber air yang ada, kita bukan kekurangan  tapi malah berlebih. Namun distribusi sumber yang tidak maksimal dikarenakan berbagai kerusakan dan kebocorn sumber air, “ terang Helju

 

Dijelaskan, baru sekitar 20 persen sumber air yang terpakai. Dan dari kapasistas 50 liter/detik, selama ini hanya bisa teralirkan 5 liter per detik paling tinggi 10 liter perdetik. Jadi inilah menurut Helju yang akan dimaksimalkan dari seluruh sumber.

 

Perbaikan Sumber Air

“Dibanding daerah lain, kita sebenarnya punya kelebihan bahwa sumber mata air kita diperoleh dari penngununan seperti Gunung Pasaman. Maka langsung dapat didisitribusikan tapa harus biaya tinggi untuk pengolahan. Beda dengan daerah lain seperti Jakarta mereka mengolah sumber air yang keruh, berbau dan kotor dari Kali Ciliung, yang   memerlukan  biaya besar untuk pegolahan dan distribusiannya,”papar Helju.

Ditambahkan, untuk perbaikan jaringan ke depan agar memudahkan mendeteksi adanya kerusakan jaringan distribusi air, maka perlu dibuatkan jalur tol  atau pipa utama dari daerah Pinaga sampai Sasak. Karena selama ini kerusakan jaringan agak sulit terpantau dimana posisi kerusakannya.

 

Survei kondisi sumber air dan jaringan


Langkah atau program cepat lainnya lainnya adalah mempermudah pelanggan dalam membayar tagihan. Bahkan bisa cek tagihan di rumah. Direncanakan aplikasi ini segera diluncurkan. Karena sudah saatnya PDAM Pasbar dapat diakses melaui mobile banking.****irti z